Jumat, 30 Oktober 2015

Mari Kita Kenali Bahayanya Kemasan Plastik




Bagi anda pemilik usaha restoran, memang lebih sering berurusan dengan yang namanya kemasan. Memang sekarang ini banyak sekali kemasan untuk membungkus makanan yang bisa di dapat dengan mudah dari pasar-pasa tradisional hingga pasar-pasar moderen. Semua bervariasi mulai dari harga, bahan, hingga bentuk.

Dalam memilih jenis kemasan, faktor keamanan penting dipertimbangkan. Penggunaan plastik sebagai pengemas makanan banyak dipergunakan dengan pertimbangan keunggulannya dalam hal bentuknya yang fleksibel sehingga mudah mengikuti bentuk pangan yang dikemas; berbobot ringan; tidak mudah pecah; bersifat transparan/tembus pandang, mudah diberi label dan dibuat dalam aneka warna, dapat diproduksi secara massal, harga relatif murah dan terdapat berbagai jenis pilihan bahan dasar plastik.

Kemasan yang paling sering dijumpai saat ini adalah plastik dan styrofoam. Dalam dua dasarwarsa terakhir, kemasan plastik merebut pangsa pasar kemasan dunia, mengungguli kemasan kaleng dan gelas, mendominasi industri makanan di Indonesia dan kemasan luwes (fleksibel) menempati porsi 80%. Jumlah plastik yang digunakan untuk mengemas, menyimpan dan membungkus makanan mencapai 53% khusus untuk kemasan luwes, sedangkan kemasan kaku sudah mulai banyak digunakan untuk minuman.

Bahan kemasan plastik tersusun dari polimer-polimer, berasal dari bahan mentah berupa monomer, selain itu juga mengandung bahan aditif yang diperlukan untuk memperbaiki sifat fisiko kimia plastik tersebut, dan disebut komponen non plastik. Kemasan plastik memiliki beberapa keunggulan karena sifatnya yang kuat, tetapi ringan, inert, tidak berkarat. dan bersifat termoplastik (heat seal) serta dapat diberi warna.

Plastik sendiri sebenarnya berbahaya untuk makanan. Kecuali jika memang plastik tersebut dikhusukan untuk makanan. Tentu saja harganya pun berbeda. Bahaya lain yang perlu anda cermati adalah plastik juga berbahaya untuk lingkungan di sekitar kita.

Plastik tidaklah ramah lingkungan karena memakan waktu yang sangat lama untuk berbaur dengan tanah. Oleh sebab itu, penulis menganjurkan kepada anda untuk menggunakan kemasan makanan yang terbuat dari kertas. Informasi selengkapnya dapa Anda temukan di : http://www.greenpack.co.id/

Greenpack merupakan penyedia kemasan makanan yang terbuat dari kertas. Tidak hanya sembarang kertas, kertas yang digunakan oleh Greenpack juga sangat aman apabila bersentuhan langsung dengan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar